Resep Aneka Masakan enak, resep aneka kue kering dan basah, resep aneka minuman segar dingin dan hangat maupun panas, resep aneka masakan indonesia baik tradisional maupun yang modern.

Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar

Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar
Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar - Resep ikan dan seafood tidak melulu harus menggunakan cara digoreng, karena ternyata ikan bisa dimasak menggunakan kuah seperti resep sup kepala ikan. Ada banyak resep kepala ikan, misalnya di gulai ikan, di kuah santan, kuah kuning, kuah asam dan masih banyak cara membuat sup kepala ikan yang lainnya. seperti resep kepala ikan kuah segar di dalam Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar di tempat online ku ini. Selain rasanya yang enak, lezat dan gurih, sup kepala ikan atau sop kepala ikan ini juga mengandung banyak gizi, vitamin, dan kalsium. Apalagi jika dimakan bagi ibu hamil, karena kepala ikan mengandung asam folat dan bisa membuat otak bayi dalam kandungan menjadi cerdas.


Resep Sup Kepala Ikan


Bahan sup kepala ikan :
2 buah kepala ikan kakap, kakap merah atau ikan nila
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 batang serai, memarkan
1 cm jahe, geprek / memarkan
1 lembar daun salam
4 buah tomat hijau, potong-potong
4 buah belimbing wuluh, potong-potong (optional)
1 liter air
Daun bawang secukupnya, potong-potong
3-4 cabai rawit, iris serong
1 sdt garam, secukupnya
1 sdt gula pasir, secukupnya
Bawang merah goreng, secukupnya

Bahan bumbu sup kepala ikan (dihaluskan) :
2-3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1-2 butir kemiri

Bahan Sayuran Pelengkap Sup Kepala Ikan :
Selada air, potong-potong
Wortel, iris
Buncis, potong-potong
Daun kemangi
atau sayuran lain sesuai selera sobat onliners


Cara Membuat Sup Kepala Ikan Kuah Segar : 
1. Cuci bersih ikan, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kira-kira 15 menit.
2. Didihkan 1 lt air, sambil menunggu air mendidih, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai atau sereh, jahe, dan daun salam. Terus tumis sampai bumbu harum, matikan api.
3. Masukkan bumbu ke dalam air yang sudah mendidih, aduk lalu masukkan ikan dan bahan lainnya (tomat, belimbing wuluh, cabai) lalu bumbui dengan garam dan gula sampai rasanya pas menurut selera sobat onliners.
4. Kalau ingin menggunakan sayuran pelengkap sobat onliners bisa memasukkannya setelah kepala ikan setengah matang. Kalau ingin menggunakan daun kemangi, masukkan daun kemangi setelah ikan matang.
5. Masak sampai kepala ikan lunak dan sayur matang. Angkat, dan sajikan selagi panas dengan nasi hangat.


Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar ini sangat mudah dan khasiat sup kepala ikan ini sangat banyak dan menyehatkan. Jangan lupa coba resep cara membuat udang saus asam manis spesial dan coba juga resep cara membuat udang goreng daun ketumbar lezat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Sup Kepala Ikan Mudah Kuah Segar