Resep Aneka Masakan enak, resep aneka kue kering dan basah, resep aneka minuman segar dingin dan hangat maupun panas, resep aneka masakan indonesia baik tradisional maupun yang modern.

Resep Dan Cara Membuat Kue Leker Crepes Mudah

Resep Dan Cara Membuat Kue Leker Crepes Mudah - Kue Leker atau Crepes ini memang tidak asing bagi kita, karena mudah sekali ditemukan dimana saja, mulai dari pedagang kaki lima sampai di mall pun ada. Berbagai variasi kue leker pun bisa didapatkan saat membeli atau membuat sendiri resep kue leker crepes ini. Mulai dari yang berisi es cream, pisang, coklat, kacang, strawberry, keju, buah buahan, ataupun sayuran bahkan sosis pun bisa. Resep Leker Crepes pun ada 2 macam variasi. yaitu Leker crepes renyah atau kering dan leker crepes basah. berikut ini cara membuat leker dan cara membuat crepes.
Resep Membuat Kue Leker Crepes Enak Mudah Kering Renyah atau Basah

Resep Membuat Kue Leker Crepes
Enak Mudah Kering Renyah atau Basah

Resep Kue Leker Crepes renyah atau Kering
Bahan:
150 gram Tepung terigu
50 gram Tepung tapioka / kanji
200 gram Tepung beras
500 ml Susu cair
2 sdt Vanili bubuk
2 btr Telur, kocok lepas
2 sdm Butter / margarin, lelehkan
2 sdt Baking powder double acting

Cara Membuat Kue Leker Crepes Renyah

1. Campur Tepung terigu, tepung tapioka/kanji, tepung beras, vanili bubuk, dan baking powder, aduk hingga rata lalu sisihkan
2. Di tempat yang berbeda, campur semua bahan cair (susu cair, telur, margarin/butter leleh), aduk sampai rata.
3. Jadikan satu / campur kedua bahan tadi sambil diaduk hingga rata, licin dan tidak menggumpal.
4. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan kedalam cetakan / wajan anti lengket / teflon dan masak sampai matang, tunggu hingga mengering atau terlihat sudah crispy, angkat dan sajikan dengan taburan atau isian sesuai selera.

Resep Kue Leker Crepes Basah

Resep Membuat Kue Leker Crepes
Enak Mudah Kering Renyah atau Basah
Bahan :
2 cangkir Susu cair
2 cangkir Tepung terigu
4 sdm Mentega, cairkan
4 btr Telur, dikocok lepas
4 sdm Gula pasir
Garam secukupnya




Cara Membuat Kue Leker Crepes Basah :
1. Campur rata telur, gula pasir, mentega cair dan susu sampai semuanya rata.
2. Tambahkan tepung terigu. Aduk hingga merata.
3. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang dan ratakan di pan dadar / Crepes Maker / teflon / wajan anti lengket. Lalu tunggu sampai bagian bawah kecoklatan (tapi jangan sampai terlalu coklat dan kering), tambahkan topping sesuai dengan selera. Kemudian dilipat menurut selera setelah itu angkat dan sajikan.

Tips dan teknik membuat kue leker crepes agar bagus, berhasil dan tidak gagal :
1. Jangan mengaduk adonan terlalu lama supaya adonan tidak terlalu padat dan liat.
2. Dalam membuat kulit crepes yang manis, dapat menggunakan gula pasir biasa atau menggunakan gula halus. Tetapi yang perlu diingat, penggunaan gula janganlah terlalu banyak supaya tidak cepat gosong.
3. Jika anda menginginkan kulit crepes yang tidak mulus permukaannya, sebelum menuang adonan olesi wajan dengan sedikit minyak goreng atau margarin, serta jangan lupa gunakan telur lebih banyak dari resep semula.
4. Ketika mencairkan adonan crepes, bisa menggunakan air biasa, susu cair, santan, ataupun sari buah. Tetapi, Jika menggunakan air lebih banyak, hasilnya akan menjadi lebih ringan. Sedangkan, apabila mencairkan adonannya dengan menggunakan susu, hasilnya akan menjadi lebih lembut.
5. Untuk membuat kulit crepes yang halus dan rata, gunakan wajan anti lengket dan jangan dioles dengan margarin. Kuncinya adalah, sebelum anda menuang adonan panaskan wajan hingga benar-benar panas dengan api kecil.
6. Saat memasak crepes bisa juga menggunakan alat listrik, plat panas tebal, wajan ataupun pan dadar anti lengket. Kalau tidak mempunyai alat listrik bisa menggunkan alat gapit untuk pembutan kue semprong karena prinsip kerjanya sama yaitu untuk menghantarkan panas rata yang berfungsi untuk mematangkan secara merata kulit crepes.
7. Adonan yang dibuat encer bisa menghasilkan kulit crepes yang renyah dan garing.
8. Kulit leker crepes dapat disimpan dalam lemari es selama dua hari dalam keadaan dibungkus rapat. serta berikan pelapis seperti kertas roti atau daun pisang saat menumpuk kulit crepes, agar kulit tidak saling menempel.

akhirnya selesei juga ngetik segitu banyaknya... Fyuh, tapi yang jelas puas rasanya bisa mengulas resep dan cara membuat kue leker crepes se lengkap dan sedetil ini.. Pasti sobat onliner's juga gak bosan kan buat membaca, ya kan... karena saya membuat artikel resep leker crepes yang sederhana sehingga mudah untuk sobat onliners pahami. Jangan lupa baca artikel lainnya di Tempat Online Ku , karena disana tersedia artikel yang lengkap, dan sederhana. Banyak resep yang lainnya juga lho, Resep membuat Waffle paling mudah, enak dan lembut juga Resep membuat Pancake yang sederhana.

Salam Onliner's

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Leker Crepes Mudah